Senin, 20 Mei 2013

wasir


WASIR

Wasir (umumnya dikenal sebagai ambeien) dapan menghasilkan gejala-gejala seperti gatal, terbakar, nyeri, bengkak dan tidak nyaman diarea perianal, dan kanal anal dan perdarahan direktal. Wasir adalah pembengkakan pembuluh, lebih seperti pembuluh varises, menonjol kedalam saluran anal (ambeienn dalam). Pembengkakan lebih banyak menggantung ke arah bawah anus (ambeien luar). Wasir sering disebabkan oleh atau diperburuk oleh tidak tercukupinya serat atau asupan cairan. Apoteker harus mempertanyakan perbedaan antara kondisi minor dan keadaan potensial lainnya yang lebih serius.

Apa yang kamu perlukan untuk diketahui
Durasi dan riwayat sebelumnya
Gejala-gejala
Gatal, terbakar
Luka
Bengkak
Nyeri
Pendarahan
Konstipasi
Bentuk isi usus
Kehamilan
Gejala lainnya
Muntah
Berat badan turun
Pengobatan

Pertanyaan dan jawaban yang berarti
Lama dan riwayat sebelumnya
Sebagai petunjuk yang berwenang, apoteker harus menganggap bahwa pengobatan wasir selama lebih dari 3 minggu. Itu akan digunakan untuk membangun apakah pasien mempunyai riwayat wasir sebelumnya dan jika dokter telah mengetahui masalahnya. Pengujian baru-baru ini oleh dokter tidak termasuk gejala serius akan indikasi pengobatan untuk gejalanya oleh apoteker akan sesuai.

Gejala-gejala
Istilah wasir termasuk dalam dan luar dari ambeien, dimana dapat diklasifikasikan sebagai; (1) dimana perbatasan saluran anal dan tidak terlihat; (2) anal spingter buang air besar, kemudian mengurangi tekanan pada saluran setelah buang air besar oleh pasien; (3) ada tiga tipe yang trekadang menjadi penyebab pertama, kedua dan tiga tingkatan. Faktor yang utama dari wasir adalah diet, kehamilan dam ketiga faktor genetik.

Nyeri
Nyeri tidak selalu menggambarkan, jika itu wasir, itu boleh saja karena sakit dan lebih buruk lagi ketika pasien mempunyai masalah isi perut. Pada umumnya, nyeri dalam buang air besar bisa diindikasikan dari luka anal, dimana dapat dijaga ambeien (kulit tipis didalam anus) dan menunjukkan hubungan. Luka pembelahan di kulit dari saluran anal. Biasanya disebabkan karena konstipasi dan sering disebabkan oleh pemakaian anastesi lokal yang dikandung oleh krim atau gel. Yang umumnya disebabkan oleh operasi minor adalah terkadang terpaksa.
Iritasi
Gejala paling banyak masalah dari banyak pasien adalah rasa gatal dan iritasi diarea perianal sering dirasakan nyeri. Iritasi sering berulang diwaktu tertentu, itu bukan perbaikan, terkadang berhubungan dengan kanker rektal dan harus segera diatasi.
Pendarahan
Pendarahan bisa disebabkan akibat pengumpulan dari dalam wasir melalui saluran anal. Darah segar akan seperti merah cerah. Tipe ini digambarkan dengan terceburnya darah disekitar toilet dan bisa terlihat diatas permukaan atau dikertas toilet. Jika darah bercampur dengan yang lain, itu bisa dikarenakan oleh saluran gastrointestinal, dan akan lebih pekat warnanya. Jika pendarahan rektal lebih cepat, apoteker akan memberikan pilihan terbaik untuk menyarankan pasien segera ke dokter untuk dilakukan pengujian dari akibat patologi serius seperti kanker atau polip. Kanker usus besar dapat disebabkan karena pendarahan rektal. Penyakit yang tidak biasa dialami oleh pasien dibawah 50 dan apoteker harus menghimbau untuk pasien dengan umur pertengahan dengan pendarahan rektal. Terutama jika telah signifikan dan menderita dalam kebiasaan isi perut.
Konstipasi
Konstipasi adalah umumnya disebabkan oleh faktor penyakit wasir. Diet kurang serat yang tidak tercukupi asupan cairan, walaupun apoteker harus menganggap yang memungkinkan obat yang menyebabkan konstipasi.
Tekanan usus akan terjadi jika pasien menderita konstipasi, menambah tekanan untuk terjadi pendarahan wasir dalam saluran anal dan hasil dari wasir. Jika ambeien nyeri, pasien boleh mencoba hindari buang air besar dan mengabaikan isi perut akan membuat konstipasi lebih buruk.
Isi usus
Perubahan pada kebiasaan isi usus adalah indikasi untuk menghubungi, disebabkan oleh kanker usus. Rembesan dari bahan-bahan anal spinchter dapat menghasilkan iritasi dan gatal pada arwa perianal dan bisa menyebabkan tumor.
Kehamilan
Wanita hamil lebih tinggi mengalami kejadian wasir dari wanita tidak hamil, dikarenakan tekanan dari pembuluh wasir dan pembuluh uterus. Konstipasi pada kehamilan juga masalah umum karena level progesteron berarti otot lebih relax. Konstipasi dapat disebabkan dari gejala wasir. Menurut pilihan diet dapat dijelaskan oleh apoteker (lihat “women’s health”).



Gejala lainnya
Gejala wasir adlah lokal anus. Mereka bukan disebabkan nyeri abdominal, distensi atau mual. Gejala yang menyebar disugestikan oleh masalah lain dan kebutuhan yang lebih banyak.
Tenesmus kadang terjadi ketika adanya tumor dalam rektal. Pasien akan menggambarkan perasaan sering menunggu gerak tetapi feses tidak keluar. Gejala ini membutuhkan kesegeraan.

Pengobatan
Pasien sudah menyiapkan dan mencoba satu dari lebih kebutuhan preparasi untuk mengobati gejalanya. Beberapa obat sering diiklankan. Sejak masalah wasir diamati sebagai potensial penyakit yang memalukan dan iklan kadang menawarkan gejala-gejala yang sering dirasakan pasien. Itu penting untuk apoteker untuk mengidentifikasi gejala alamiah dan menjadi pengalaman dan secara rinci produk yang siap digunakan. Jika pasien mengalami konstipasi, bisa digunakan laxativa atau pencahar.

Pengobatan selanjutnya
Wasir disebabkan oleh obat yang menyebabkan konstipasi dan pasien harus hati-hati bertanya tentang pengobatan yang tepat. Termasuk resep dan obat-obat otc. Daftar obat yang menyebabkan konstipasi dapat ditemukan padap.103. Pendarahan rektal pada pasien disebabkan oleh warfarin atau antikoagulan lain yang diindikasikan.

Kapan menunjukkan
Durasi lebih panjang dari 3 minggu
Pendarahan pada pembuluh
Merubah kebiasaan makan
Diduga obat yang menyebabkan konstipasi
Nyeri pada abdominal / mual

Pengobatan
Jika gejala tidak sembuh selama satu minggu, maka pasien dianjurkan untuk menemui dokter.

Manajemen
Penanganan gejala  penyakit hemoroid (wasir) yaitu dengan cara menurunkan rasa ketidaknyaman dan juga menangani sembelit yang merupakan penyebab hemoroid (wasir). Apoteker adalah tenaga kesehatan yang mempunyai posisi yang tepat dalam menerangkan atau memberi nasehat dalam pengkonsumsian makanan yang harus dihindari agar dapat mencegah kambuhnya penyakit hemorroid ini dikemudian hari. Beberapa obat yang biasa digunakan dalam penanganan hemorroid, yaitu :

Anastesi lokal
Anastesi lokal dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi rasa gatal akibat hemorroid. Hal ini disebabkan karena anastesi lokal dapat mengurangi kesensitifan pada daerah hemooroid, obat ini hanya dapat digunakan selama kurang dari dua minggu.

Pelindung kulit (skin protector)
Kebanyakan antihemoriod mengandung bahan yang lunak dan juga menenangkan yang mengandung bahan pelindung kulit seperti zinc oxide dan kaolin. Produk-produk ini mengandung pelembut dan juga bahan pelindung. Perlindungan pada kulit perianal sangat penting karena kehadiran materi fekal (faecal) dapat menyebabkan gejala seperti iritasi dan gatal. Agen melindungi membentuk penghalang di permukaan kulit, membantu mencegah iritasi dan hilangnya kelembaban dari kulit.

Steroid topikal
Salep dan suppositoria mengandung hidrokortison dengan pelindung kulit, sebelumnya pom, dan sekarang tersedia sebagai obat otc. Steroid mengurangi inflamasi dan pembengkakan untuk mengurangi rasa sakit dan rasa gatal. Pengobatan ini biasanya dilakukan pada pagi hari, malam dan juga setelah buang air besar. Penggunaan produk ini dibatasi kepada mereka yang berumur lebih dari 18. Pengobatan ini tidak boleh lebih dari 7 hari.

Astringen
Astringen ini biasanya berisi zinc oxide, hamamelis (witch hazel) garam bismut terkandung di dalam produk sebagai basis dimana bahan-bahan tersebut dapat mengendapkan protein pada membran mukosa atau kulit yang sedang rusak. Sebuah lapisan pelindung pada akhirnya terbentuk yang digunakan untuk mengurangi iritasi dan inflamasi. Beberapa astringen juga dapat melindungi dan sebagai antiseptik yang lembut.

Antiseptic
Antiseptik adalah salah satu kandungan pada beberapa produk antihemoroid, dan termasuk ke dalamnya adalah tisu toilet. Antiseptik tidak mempunyai aksi yang spesifik dalam pengobatan hemoroid. Resorsinol  adalah antiseptik, antipruritik dan mempunyai sifat eksfoliatif. Aksi eksfloliatif ini sangat berguna pada pengobatan hemoroid karena dapat membuka jalan masuknya obat dengan cara membuka lapisan atas kulit. Selain itu resorsinol juga dapat digunakan sebagai absorban melalui kulit yang terbuka jika digunakan dalam waktu lama dan mempunyai aksi antitiroidyang dapat mengembangkan anti myxoedema (bersifat hipotiroid).

Counter-irritants
Counter-irritants seperti seperti mentol terkadang termasuk produk antihemoroid pada basisnya dan juga dapat memberikan stimulasi pada ujung-ujung saraf melalui rasa dingin dan juga rasa kesemutan dimana dapat mengalihkan rasa nyeri dari hemoroid. Mentol dan phenol juga dapat digunakan sebagai antipruritik.

Minyak hati ikan hiu/ragi yang masih hidup
Bahan ini dapat digunakan untuk penyembuhan atau memperbaiki jaringan, tetapi tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung pernyataan tersebut.

Laxative
Penggunaan laksatif dalam jangka pendek dianggap boleh. Sebuah bahan yang bersifat laksatif (misalnya : sena) dapat diberikan selama 1 sampai 2 hari dengan meningkatkan pengkonsumsian sayuran yang berserat tinggi dan meningkatkan voleme air yang diminum. Untuk pasien yang tidak berhasil dengan pengkonsumsian sayuran yang berserat tinggi dan minum banyak air maka pemberian laksatif secara oral dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Pont-poin penting
Pemeriksaan sendiri
Pasien dapat merasakan adanya benjolan. Apoteker harus mengoreksi kebenaran yang disebutkan oleh pasien sebelum memberikan obat. Jika pernyataan pasien meragukan maka sarankan kepada pasien untuk diperiksa ke dokter.

Kebersihan
Rasa gatal pada hemoroid dapat dikurangi dengan cara menjaga kebersihan dari saluran anal dan rasa gatal ini mulai terjadi dari fekal (benjolan) masih berukuran kecil. Area perianal dapat di cuci dengan air hangat secara teratur terutama setelah buang air besar. Penggunaan sabun yang dapat membuat area perianal kering dapat membuat rasa gatal pada fekal (benjolan) semakin buruk, tetapi sabun dengan pelembut dapat digunakan jika memang pasien menginginkan pencucian dengan sabun. Tisu toilet yang lembut juga dapat digunakan untuk menggosok area perianal, tetapi menggosoknya dengan penuh kelembutan (pelan-pelan). Tisu toilet lebih baik digunakan hanya dengan menepuk-nepukkan ke bagian perianal bukan dengan menggosoknya, karena penggosokan dapat memperburuk keadaan hemoroid. Beberapa orang yang menderita hemoroid melakukan mandi dengan air hangat yang dapat menenangkan ketidaknyamanan mereka.
Peningkatan konsumsi makanan berserat dapat meningkatkan output dari saluran cerna. Oleh karena itu hati-hati ketika menyeka (menggosong bagian tersebut) sehingga tidak ada rasa sakit ketika setelah buang air besar.

Bagaimana cara menggunakan produk otc
Salep dan krim dapat digunakan pada internal dan eksternal hemoroid yang digunakan pada pagi hari, malam hari atau setiap kali buang air besar. Applikator (alat yang digunakan untuk memasukkan salep atau krim) sudah ada pada obatnya, dan apoteker menjelaskan cara menggunakannya untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada kulit perianal.
Suppositoria dapat digunakan sebagai antihemoroid internal. Pasien harus mengetahui cara menggunakannya dan cara membuka kemasannya. Suppositoria dapat diberikan di pagi hari, malam hari dan juga setelah buang air besar. Penyisipan suppositoria pada anus akan lebih mudah dilakukan dengan posisi jongkok sambil berbaring.

Wasir pada prakteknya
Kasus 1
Tom harris, seorang pelanggan yang dikenal cukup baik, menanyakan apakah anda dapat merekomendasikan sesuatu untuk masalahnya biasa. Anda memintanya untuk menceritakan lebih banyak tentang hal itu: mr harris menderita wasir sesekali, anda telah memberikan resep anusol hc dan produk serupa di masa lalu, dan sebelumnya telah menyarankan dia tentang serat dan asupan cairan. Ia telah pergi berlibur selama 2 minggu dan mengatakan ia belum makan makanan yang sama dia lakukan ketika di rumah. Gejalanya adalah gatal dan iritasi daerah perianal tapi tidak ada rasa sakit dan ia memiliki pembengkakan kecil, yang ia mampu mendorong kembali lagi. Ia sedikit sembelit, tapi dia tidak mengkonsumsi obat.

Pandangan apoteker
Mr harris memiliki riwayat wasir, yang telah didiagnosa dan diobati oleh dokter. Kemungkinan besar liburannya dan perubahan sementara dalam diet telah menyebabkan kambuhnya masalah ini, sehingga ia sekarang memiliki tumpukan tingkat dua, dan itu akan layak untuk menyarankan pengobatan simtomatik selama beberapa hari. Anda bisa merekomendasikan penggunaan sediaan salep yang mengandung hydrocortisone dan kulit pelindung hingga 1 minggu, dan mengingatkan bapak harris bahwa daerah harus tetap bersih dan kering. Anda mungkin mempertimbangkan merekomendasikan pencahar untuk meringankan sembelit sampai diet mr harris akan kembali normal (anda memberi tahu bahwa ia kembali ke diet biasa-serat yang tinggi), pasokan kecil pencahar stimulan (mungkin stimulan / pelunak tinja seperti docusate natrium) akan masuk akal. Ia harus menemui dokter setelah 1 minggu jika masalah belum dibersihkan.

Pandangan dokter
Pengobatan yang disarankan oleh apoteker untuk mr harris harus terus menerus dalam waktu 1 minggu. Pengobatan ini tentu saja hanya menghilangkan gejala dan tidak menyembuhkan. Jika terus menderita sering kambuh, rujukan ke dokter harus dipertimbangkan. Dokter bisa menyarankan perlu tidaknya merujuknya untuk injeksi atau pengangkatan wasir.

Kasus 2
Mr briggs adalah pemilik toko lokal di akhir lima puluhan, ia ingin anda merekomendasikan sesuatu untuk wasir nya. Ia memberitahu anda bahwa ia telah memiliki itu selama beberapa waktu-beberapa bulan. Ia telah mencoba beberapa salep yang berbeda dan suppostoria, semua sia-sia. Masalah utama sekarang adalah perdarahan, yang telah menjadi lebih buruk. Pada kenyataannya ia memberitahu anda agak malu, bahwa ia telah membeli pembalut karena ini adalah satu-satunya cara dia bisa mencegah pakaiannya dari menjadi ternoda. Ia tidak sembelit dan tidak memiliki rasa sakit.
Pandangan apoteker
Mr briggs harus dirujuk ke dokter sekaligus. Gejalanya telah memiliki riwayat 2 bulan dan ada perdarahan rektum cukup berlimpah, yang mungkin disebabkan penyakit yang lebih serius. Ia telah mencoba beberapa pengobatan otc, tanpa keberhasilan. Usia dan deskripsi gejalanya berarti bahwa penyelidikan lebih lanjut diperlukan.

Pandangan dokter
Mr briggs harus disarankan untuk menemui dokter. Ini bukan tanda-tanda khas wasir. Ia akan membutuhkan penilaian yang lebih rinci oleh dokter yang akan perlu mencari kanker usus besar atau rektum. Wasir dapat berdarah pada waktu lain selain buang air besar tapi ini jarang terjadi. Dokter akan mengumpulkan informasi lebih banyak pertanyaan dan dari pemeriksaan. Pemeriksaan biasanya akan mencakup penilaian rektal digital untuk menentukan apakah ada atau tidak tumor rektum. Sangat mungkin bahwa orang ini akan memerlukan rawat jalan rumah sakit untuk penyelidikan lebih lanjut, yang akan melibatkan sigmoidoskopi dan barium enema.

Kasus 3
Caroline andrews adalah seorang wanita muda berusia pertengahan dua puluhan, yang bekerja sebagai desainer grafis di sebuah studio seni lokal. Ia meminta saran anda tentang masalah memalukan: dia menemukan sesuatu sangat menyakitkan untuk melewati anusnya. Pada pertanyaan, dia memberitahu anda dia memiliki masalah ini selama beberapa hari dan telah sembelit selama sekitar 2 minggu. Dia makan diet yang terdengar relatif rendah serat dan telah makan lebih sedikit dari biasanya karena dia sudah sangat sibuk bekerja. Caroline mengatakan dia jarang melakukan olahraga apapun. Dia membawa pil kontrasepsi tetapi tidak berbicara obat-obatan dan tidak memiliki gejala lain seperti pendarahan dubur.


Pandangan apoteker
Caroline mungkin akan lebih baik disarankan untuk menemui dokter, karena gejala dan rasa sakit yang ia telah dijelaskan mungkin disebabkan oleh fisura anus, meskipun mereka mungkin disebabkan oleh wasir.

Pandangan dokter
Fisura akan menjadi penyebab paling mungkin dari masalah caroline. Pemeriksaan oleh dokter harus segera mengkonfirmasi hal ini. Koreksi sembelit dan saran diet pencegahan masa depan juga bisa memecahkan masalah. Ketidaknyamanan bisa dibantu oleh krim anestesi yang mengandung lokal atau gel. Jika tersebut diaplikasikan sebelum aksi usus, ketidaknyamanan akan kurang. Pada kasus berat yang tidak menetap, rujukan ke spesialis bedah diperlukan untuk melepaskan salah satu otot di spam untuk bantuan cepat nyeri. Nitrat topikal (misalnya gliseril trinitrat 0,2-0,3% salep) juga sekarang digunakan oleh spesialis rumah sakit untuk mengobati fisura anus (indikasi tanpa izin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar